Search This Blog

Wednesday, 27 January 2016

TANAMAN JAGUNG

Jagung memiliki nama latin Zea mays L. Dan termasuk makanan pokok di dunia, selain beras dan gandum. Mengenai asal tanaman ini, sebenarnya ada banyak pendapat yang berlainan. Tetapi intinya kebanyakan ahli sepakat bahwa tanaman jagung berasal dari Amerika Tengah (Meksiko bagian selatan) Atau amerika Selatan. Mereka sepakat dalam hal ini karena jagung dan spesies liar jagung (teosinte) sejak lama ditemukan di daerah tersebut dan habitat aslinya masih ada sampai sekarang. Pendapat tersebut doperkuat dengan ditemukannya sisa tepung sari dan tongkol jagung di dalam gua, dan kedua spesies itu mempunyai keragaman genetik yang luas.
Maka dari itu, teosinte (Z ea Mays sp. Parviglumis) dipercaya sebagai asal mula (progenitor) dari tanaman jagung. Dan, teosinte ini merupakan tanaman liar yang berasal dari lembah Suingai Balsas, sebuah lembah yang ada di Meksiko Selatan.
Menurut para ahli Botani, jagung telah dibudidayakan ndi Amerika Tengah (Meksiko Selatan) sekitar 8.000-10.000tahun yang lalu. Hal itu terbukti dengan ditemukannya fosil tongkol jagung dengan ukuran kecil, yang ditemukan di dalam tanah dan diperkirakan  usianya mencapai 7.000 tahun.
Adapun bnukti genetik, antropologi, dan arkeologi menunjukan bahwa daerah asal jagung adalah  Amerika Tengah. Nah dari daerah inilah, jagung tersebar dan ditanam di seluruh dunia.
Para ahli pun sepakat bahwa sampai saat ini diperkirakan terdapat 50.000 varian jagung, baik varian lokal maupun varian unggul hasil pemuliaan. Nah varian sebanyak itu semula berasal dari jenis jagung tersebut (dari Amerika Tengah). Tetapi, selain pendapat yang disepakati tersebut , ada pula pendapat lain yang menyatakan bahwa jagung berasal dari Asia (Himalaya) dan Dataran Tinggi Andean (Peru, Bolivia, dan Ekuador).
Ternyata, kita tidak hanya bisa memanfaatkan biji jagung, tetapi juga keseluruhan komponen tanaman. Misalnya tongkol jagung yang kaya akan kandungan pentosa dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan furfural. Adapun bahan lainnya yang bisa dijadikan furfural (selain tongkol jagung) ialah ampas tebu, sekam padi, kayu, rami, dan lain-lain.
Sebagai tanaman pangan yang mengandung manfaat bagi kesehatan, khasiat jagung antara lain sebagai pembangun otot dan tulang, baik untuk otak dan sitem syaraf, mencegah konstipasi menurunkan risiko kanker dan jantung, mencegah gigi berlubang serta minyaknya dapat menurunkan kolesterol darah.
Bahkan menurut beberapa sumber, kandungan biji jagung bagi kesehatan lebih bagus daripada beras, meskipun kandungan karbohidratnya lebih rendah, tetapi kandungan proteinnya lebih tinggi.

No comments:

Post a Comment