Search This Blog

Thursday, 12 November 2015

BUNGA MELATI

Tanaman Melati
Tanaman melati hidup lebih lama dibandingkan tanaman bunga hias lainnya karena tanaman ini memiliki batang yang tegak, sehingga bisa hidup sampai bertahun-tahun.
Pada tahun 1962 orang-orang Italia menanam melati casablanka (Jasmine officinalle) untuk di jadikan biang parfum. Sementara itu, orang-orang Inggris yang dipelopori oleh Duke Casimo de’ Meici membudidayakan melati putih (Jasmine parkeri ditemukan dikawasan India Barat Laut, yang kemudian dibudidayakan di Inggris pada tahun 1923.
Para ahli meyakini bahwa jenis melati berjumlah dua ratusan, tetapi yang telah diidentifikasi hanya sekitar sembilan jenis (yang dibudidayakan), dan delapan jenis yang lebih potensial dijadikan sebagai tanaman hias.
Kebanyakan jenis melati tumbuh liar di hutan-hutan dan tidak diketahui oleh banyak orang. Hal itu dikarenakan belum terungkap potensi ekonomis dan sosialnya.
Tanaman melati termasuk suku melati-melatian atau famili Oleaceae. Adapun sembilan jenis melati yang sudah diidentifikasi adalah Jamine sambac Air (melati putih atau Puspa Bangsa), Jasmine multiflora Andr (melati hutan, melati gambir, poncosudo, star jasmine, atau Jasmine pubescens Willd), Jasmine officinale (melati casablanka atau spanish jasmine), Jasmine rex (melati raja atau king jasmine), Jasmine parkeri Dunn (melati pot), Jasmine mensyi (Jasmine primulinum atau melati pimrose), Jasmine revolutum Sims (melati Italia), Jasmine simplicifolium (melati Australia, J. Volibile, atau melati bintang), dan melati hibrida (bunga berwarna pink dan berbau harum).

No comments:

Post a Comment