Tanaman Bunga Mawar dan Bunga Matahari

Tanaman Mawar dan Tanaman Matahari

Tanaman mawar
Tanaman mawar termasuk tanaman bunga hias berupa herba, yang batang dan cabang hingga ranting-rantingnya berduri. Saking indahnya bunga ini dikenal dengan sebutan atau dengan nama rose atau “ratu bunga”. Bunga mawar juga merupakan simbol atau lambang kehidupan religi dalam peradaban manusia.
Menurut asal-usul para ahli botani, mawar berasal dari dataran Cina, Timur Tengah, dan Eropa Timur. Dalam perkembangannya, mawar menyebar luas ke daerah-daerah beriklim dingin (sub tropis) dan panas (tropis).
Jika kita tertarik untuk membudidayakan atau memperbanyak tanaman mawar, caranya cukup mudah dan banyak. Di antaranya melalui biji, setek (stek), okulasi, cangkok, dan membelah anakan.
Nah, diantara berbagai cara tersebut, cara yang paling efektif dan efisien adalah stek. Sebab, dengan cara setek, kita dapat menjadikan tanaman mawar tumbuh secara mudah dan lebih banyak daripada tidak menggunakan cara setek.

Tanaman Matahari
Pada awalnya, tanaman matahari ditanam dan dipelihara oleh orang-orang Indian di Amerika Utara pada ribuan tahun yang lalu. Kemudian, tanaman ini menyebar ke Amerika Selatan. Bahkan, tanaman itu menjadi salah satu sumnber pangan bagi Inka. Dan, tidaklah mengherankan jika tanaman tersebut menjadi bunga negara bagian Kansas, Amerika Selatan, beberapa tahun kemudian.
Tanaman ini mempunyai nama latin Heliantbus annus, yang merupakan tanaman tahunan dari keluarga Asteraceae. Tanaman tersebut mulai menyebar ke Eropa setelah orang-orang Eropa menaklukan beragam daerah dan penjuru dunia lainnya pada abad ke-16. Selanjutnya, semenjak abad ke-17, biji matahari digunakan dalam campuran roti atau diolah sebagai pengganti kopi dan cokelat. Sementara itu, penggunaannya sebagai sumber minyak mulai dirintis pada abad ke-19.

No comments:

Post a Comment

TANAMAN JAGUNG

Jagung memiliki nama latin Zea mays L. Dan termasuk makanan pokok di dunia, selain beras dan gandum. Mengenai asal tanaman ini, se...

Adnow