Tanaman Bunga Anggrek


Tanaman Anggrek
Pada hakikatnya, tanaman anggrek dapat hidup di manapun, baik di daerah tropis ataupun daerah sub tropis, bahkan dia daerah yang sangat dingin sekalipun. Maka dari itu, tanaman ini memiliki jenis yang lebih banyak dibandingkan tanaman lainnya : jenisnya diperkirakan mencapai 25.000. Karena ada kerusakan-kerusakan besar di dunia, maka jenisnya tidak dapat di data kembali. Dari jenis yang begitu banyak, sebagian besar dari spesiesnya berasal dari daerah tropis.
Indonesia memiliki lebih dari 4.000 jenis anggrek yang tersebar hampir di semua pulau. Dari jumlah anggrek tersebut, ada 2 jenis anggrek yang terkenal. Pertama, anggrek bulan (phalaenopsis amabilis), yang kemudian dijadikan sebagai bunga nasional dan dijuluki  Puspa Pesona. Kedua, anggrek kantong ( paphiopedilum javanikum).
Berlimpahnya jumlah anggrek di Indonesia juga seiring dengan meningkatnya peminat anggrek. Sehingga, pada tahun 1956, Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) di bentuk di Bandung. Kini, hampir di seluruh kota di Indonesia terdapat cabang PAI.
Event-event bunga anggrek pun mulai diselenggarakan, baik di tingkat nasional maupun tingkat Internasional. Misalnya pada tahun 1976, pemerintah Indonesia mengadakan Pekan Anggrek Nasional. Dan, pada tahun 1977, pemerintah Indonesia mengadakan Konferensi Anggrek Asean di Jakarta.
Peminat anggrek tidak hanya ada di Indonesia, melainkan juga di negara-negara lainnya. Inilah yang membuat negara-negara yang berminat untuk membudidayakan tanaman anggrek, seperti Taiwan dan Singapura, merintis agrobisnis anggrek bulan.
Perlu juga diketahui, Taiwan yang berpusat di Sei Ha Farm Enterprice (terbesar di dunia), dengan luas areal 3,3 hektar, per tahun bisa memproduksi 1, 5 juta bibit untuk diekspor ke Jepang, Malaysia, dan sejumlah negara Eropa.

No comments:

Post a Comment

TANAMAN JAGUNG

Jagung memiliki nama latin Zea mays L. Dan termasuk makanan pokok di dunia, selain beras dan gandum. Mengenai asal tanaman ini, se...

Adnow